Cara mengganti template bloger dengan mudah terbaru, panduan membuat blog di blogger.com

Mari kita membuat perumpamaan bahwa blog sebagai Anda. Kemudian template adalah sebagai fashion atau pakaian dari Anda. Sama halnya seperti template pada bloger, dan jika Anda ingin terlihat menarik biasanya Anda bisa mengenakan pakaina yang bagus juga tentunya bukan.
Cara mengganti template bloger dengan mudah terbaru, panduan membuat blog di blogger.com
Cara mengganti template bloger dengan mudah terbaru, panduan membuat blog di blogger.com

Sama halnya di blog, kita juga harus memilih template yang menarik agar pengunjung blog kita nyaman membaca artikel kita. Memang sudah disediakan template bawaan atau tema default dari blogernya langsung dengan bermacam macam pilihan, Saya tidak mengatakan tema default tidak bagus tetapi jika Anda ingin merubah template dengan template yang lebih menarik, atau template dengan keperluan tertentu, Anda bisa mendownload dan memasangnya di blog Anda.

Banyak sekali yang menyediakan template bloger dengan berbagai macam pilihan dengan gratis ataupun berbayar. Anda tinggal mendownloadnya di penyedia template blogger sesuai dengan blog anda, karena ada banyak jenis template, seperti untuk berita informasi toko online dan lain lain.

Untuk memilih template menurut saya pilih template yang tidak terlalu rumit yang akan membuat pengunjung blog Anda bingung, Sebaiknya pilih template yang sederhana saja dan mudah dimengerti pembaca blog Anda. Baiklah bagaimana cara mendownload dan memasang template di blogger, berikut penjelasanya.


Cara download dan mengganti template blogger

  • Download templete terlebih dahulu, banyak website yang menyediakan template untuk blogger Anda tinggal mencarinya di Google.

  • Estract file download, Biasanya file download ini berformat RAR atau ZIP, jadi Anda huarus melakukan extract terlebih dahulu. 

  • Selanjutnya Anda buka dasbor dan pilih di tulisan 'TEMPLATE" pada menu blogger, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah, lalu pilih "edit HTML"

Cara mengganti template bloger dengan mudah terbaru, panduan membuat blog di blogger.com

  • Setelah itu buka folder dari file yang telah Anda extract tadi, pilih file yang berformat XML, lalu klik kanan pilih edit, maka Anda akan melihat sebuah teks panjang yang berisikan kode HTML yang biasanya terbuka di notepad.

  • Setelah Anda melihat teks yang berupa kode HTML tersebut, langkah selanjutnya hapus teks HTML yang ada pada menu template blog Anda, dan salin semua teks HTML yang tadi Anda download ke dalam blog Anda.

  • Setelah semua teks sudah di salin, langkah terakhir adalah tekan menu simpan template, dan selesai, sekarang template Anda sudah berhasil di ganti.


Okey sampai di sini Anda sudah berhasil memasang template yang Anda download tadi, untuk melihat hasilnya Anda bisa pilih tombol "BUKA BLOG" dan template blog Anda sekarang sudah berubah.

Selanjutnya Anda tinggal menyesuaikan apa saja yang di tampilkan pada blog Anda, seperti menampilkan daftar postingan Anda di bagian samping halaman atau menambahkan artikel apa saja yang sering di baca pengunjung, Untuk pengaturan tersebut Anda bisa menyesuikan di bagian " "TATA LETAK" pada menu dasbor

Baiklah sekian dulu yang saya sampaikan di Cara mengganti template bloger dengan mudah terbaru, panduan membuat blog di blogger.com semoga dapat membantu dan terimakasih telah berkunjung.

0 Response to "Cara mengganti template bloger dengan mudah terbaru, panduan membuat blog di blogger.com"

Post a Comment